Gunung Es Terbesar di Dunia Melepaskan Diri dari Antartika Sepanjang 30 Km

Sebuah foto menakjubkan yang diambil dari luar angkasa menggambarkan bagaimana gunung es seukuran Kota New York memisahkan diri dari Antartika. Beberapa peneliti menduga ini terjadi akibat perubahan iklim. Keretakan sepanjang 19 mil (30 km) di dalam es gletser di Pine Island yang terlihat jelas, menyebabkan beberapa ilmuwan berspekulasi bahwa gunung es terbesar di dunia akan segera bergerak. 

Foto yang menakjubkan ini diambil dari luar angkasa pada November 2011, namun baru dirilis pada hari Rabu, 1 Februari 2012, menggambarkan bagaimana gunung es seukuran New York memisahkan diri dari Antartika 

Gambar ini diambil oleh pesawat ruang angkasa NASA, Terra, pada bulan November 2011 tetapi baru dirilis hari ini, menunjukkan bagaimana retakan tersebut berkembang dengan cepat. sebulan sebelumnya itu hanya 18 mil panjangnya. Pine Island merupakan sebuah “lidah” es raksasa sepanjang 30 mil yang berkelok keluar dari Pegunungan Hudson ke Laut Amundsen.

Foto ini diambil pada Oktober 2011 menunjukkan retak melanda seluruh Pine Island Glacier 

Photo Jarak Dekat: Retakan yang dipantau NASA. 

Pine Island Glacier segera melahirkan gunung es besar pertama sejak tahun 2001 


Para ilmuwan menemukan keretakan dengan terbang di atasnya dalam pesawat DC-8 

Ketika gunung es melepaskan diri itu akan mencakup sekitar 350 mil persegi luas permukaannya. Pengukuran radar menyatakan bahwa ketebalan rak es di wilayah keretakan adalah sekitar 1.640 kaki, hanya sekitar 160 kaki yang mengambang di atas air dan sisanya tenggelam.

sumber : www.acehtraffic.com

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Thanks for info https://bit.ly/2JcCeNi

Posting Komentar

http://sudut-korupsi.blogspot.com