Indonesia adalah salah satu laboratorium tanaman obat terbesar di dunia.


Indonesia adalah salah satu laboratorium tanaman obat terbesar di dunia. Sekitar 80% herbal dunia tumbuh di negeri ini. Indonesia memiliki sekitar 35.000 jenis tumbuhan tingkat tinggi, 3.500 di antaranya merupakan tumbuhan obat.

"Nenek moyang kita memanfaatkan flora kekayaan alam itu dengan cerdas. Dikenal istilah jamu untuk menyebut ramuan dari tanaman obat," kata dr Paramasari Dirgahayu PhD pada pidato orasi ilmiah Aktualisasi Kearifan Lokal Bidang Kesehatan Untuk Mewujudkan Pembangunan Melenium (MDGs) pada Dies Natalis ke -36 Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS)
di Kampusnya Kentingan, Solo, Jawa Tengah, Senin (12/3).

Menurutnya, Indonesia juga merupakan mega senter keanekaragaman hayati terbesar di dunia berupa tumbuhan tropis dan biota laut, memiliki kurang lebih 30.000 jenis tumbuhan dan sekitar 7.000 di antaranya berkhasiat obat.

Terdapat 45 macam obat penting yang beredar di Amerika Serikat (AS) berasal dari 14 species tumbuhan Indonesia. Termasuk vinblastin dan vincristin (obat anti kanker) yang berasal dari tanaman tapak dara.

"Namun sangat disayangkan potensi besar tersebut belum dimanfaatkan seoptimal mungkin. Bahkan China, Korea dan Jepang lebih dikenal sebagai negara penghasil herbal terkemuka di dunia," katanya.

Ia mengatakan, hal itu menunjukkan bahwa herbal medicine Indonesia belum mendapatkan kepercayaan seutuhnya dari masyarakat Indonesia. Terbukti Indonesia masih mengimpor herbal dari China, Korea, dan Jepang.


Sumber : mediaindonesia.com

0 komentar:

Posting Komentar

http://sudut-korupsi.blogspot.com